Artikel

Darurat PMK, fakultas Kedokteran Hewan UNAIR Surabaya Turun ke Tuban

20 Juni 2022 14:44:22  Admin  63 Kali Dibaca  Berita Desa

Kondisi wabah penyakit mulut dan kuku atau yang lebih dikenal (PMK) yang menyerang hewan ternak  dikabupaten Tuban semakin meluas.
Tercatat hampir disemua kecamatan telah terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut  dan menimbulkan keresahan bagi peternak .
Kondisi ini yang memanggil jiwa sosial dan kepedulian mahasiswa dari fakultas kedokteran hewan  Universitas Airlangga Surabaya turun ke beberapa titik desa diwilayah kabupaten Tuban.
Ketua kelompok relawan mahasiswa,dokter hewan Tjuk Imam saat dikonfirmasi dilapangan saat timnya didesa Temandang,kecamatan Merakurak menjelaskan bahwa misi ini berdasar  surat dari pemerintah kabupaten Tuban perihal merebaknya kasus PMK,"Jadi ini misi untuk membantu masyarakat periihal penyakit ternak ,"jelas dokter hewan Tjuk Imam.
Lebih lanjut ditambahkan,bahwa timya selain memberikan pengobatan juga mengedukasi kepada masyarakat perihal pencegahan dan tingkat bahayanya,"Kami juga memberi pemahaman kepada publik untuk mencegah penularan yang lebih luas,intinya meminimalisir keresahan,"tutup Tjuk Imam.
Sementara itu,salah seorang peternak Sariyani ,yang sapinya terjangkit PMK saat dokunjungi tim Unair mengaku sangat senang dan berharap ternaknya segera sembuh ,"Alhamdulilah,terimakasih kehadiranya,semoga semua segera sembuh,ini sangat membantu,",ujar Sariyani.
Sementara itu,kepala desa Setempat,Tinik SE,yang mendampingi tim dilapangan memberikan gambaran perihal penyakit PMK didesanya,dan mempersilahkan tim dari Unair untuk bekerja dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada Masyarakat,"Trimakasih ,kami sudah dibantu,semoga kehadiran teman-teman dari Unair ini setidaknya bisa menjadi solusi terbaik penyelesaian kasus penyakit ternak ini",ucap Tinik.
Selanjutnya Kades Temandang tiga priode ini memberikan waktu seluas-luasnya kepada tim untuk bekerja,"Silahkan bekerja ,kami dari tim desa siap mendampingi ,pokoknya tak ada batasan waktu,"tutup Tinik.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Pasar Desa Temandang

Wilayah Desa

Agenda

Info Media Sosial