Artikel

Kepala BNN Jatim Lounching Kurikulum P4GN di Temandang

18 Agustus 2022 18:42:49  Astro  112 Kali Dibaca  Berita Lokal

Temandang.desa.id - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban menggelar kegiatan launching kurikulum terintegrasi pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) tingkat SD/MI dan PAUD yang meliputi TK, RA dan KB, di Balai Desa Temandang, Merakurak, Tuban, Kamis (18/08).

Tampak hadir dalam giat tersebut Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo, perwakilan Disdik dan Kemenag Tuban, Forkopimka Merakurak, Pemdes Temandang serta puluhan keluarga bersinar desa setempat.

Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo mengapresiasi terkait kegiatan hari ini. Menurutnya sangat bagus sekali adanya kurikulum anti narkoba, terutama untuk tingkat SD/MI kemudian ada dari PAUD, TK, RA dan KB.

"Saya berharap bahwa di Kabupaten Tuban ini bisa terwujud Tuban bersinar (Bersih Narkoba) dan khususnya para generasi muda. Mereka betul-betul menolak dan melawan narkoba," tegasnya.

Sebab harapannya, nanti tahun 2045 bonus demografi bisa terwujud dan Indonesia menjadi negara yang kuat, menjadikan generasi muda itu sehat dan mampu bersaing dengan negara lain. 

"Selain Tuban, yang sudah menerapkan kurikulum integrasi P4GN ini saya lihat itu Surabaya kemudian Kediri," ungkap perwira tinggi polri bintang satu itu.

Ia menambahkan, memang namanya kurikulum terintegrasi, bagaimana keputusannya dari para guru-guru ini bisa menyelipkan tentang pencegahan dan tentang bahaya narkoba pada tiap-tiap pelajaran.

"Orang tua supaya lebih waspada, utamanya ibu-ibu untuk betul-betul mengamati perilaku putra-putrinya. Sebab dampak narkoba biasanya timbul perubahan-perubahan perilaku," pesan mantan Direktur TPPU BNN RI itu.

Di tempat yang sama, Kepala BNNK Tuban, AKBP I Made Arjana menambahkan, poin penting yang disampaikan dalam buku itu bagaimana mempermudah bapak ibu tenaga pengajar menyampaikan pesan-pesan anti narkoba.

"Diselipkan dalam mapel tertentu, konten materi, RPP dan silabus ada di kami, sudah disusun oleh tim, tinggal teknis penyampaian saja," timpal Made.

Pihaknya berharap, kurikulum terintegrasi P4GN ini bisa diimplementasi pada tahun ajaran ini. Sambil jalan BNNK juga akan terus melakukan sosialisasi kepada lembaga yang dinaungi jajaran Disdik dan Kemenag Tuban.

Masih di tempat yang sama Kepala Desa Temandang Tinik, SE. mengaku bangga karena desa yang ia pimpin dipilih dalam launching kegiatan tersebut. Selaian untuk memberikan edukasi terhadap warganya tentang bahaya narkoba ia juga berharap kegiatan tersebut dapat mengurangi pengaruh markoba bagi generasi muda. 
" Dengan adanya kegiatan ini kita berharap dapat mengurangi pengaruh narkoba bagi generasi muda, " ujar Tinik singkat. 

Untuk diketahui, buku yang telah disusun tim tersebut, untuk kurikulum terintegrasi P4GN tingkat SD/MI memiliki tebal 412 lembar. Sedangkan untuk tingkat PAUD yang meliputi TK, RA dan KB memiliki tebal 561 lembar. [AM]

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Pasar Desa Temandang

Wilayah Desa

Agenda

Info Media Sosial