Artikel

Sejarah Desa

26 Agustus 2016 15:38:09  Admin  43.020 Kali Dibaca 

Sejarah Desa

Keberadaan desa tidak lepas dari sejarah,begitu juga desa Temandang mempunyai histories ter sendiri sehingga dinamakan desa sejarah Temandang. Sejarah dan latar belakang suatu daerah /desa merupakan pencerminan dari karakter dan cirri khas daerah tersebut sejarah desa sering kali tertuang dalam dongeng yang diwariskan secara turun temurun dan dari mulut kemulut . sehingga sulit untuk dibuktikan kebenaranya

Tidak jarang cerita tersebut dihubungkan dengan mitos setempat yang dianggap keramat.Dalam hal ini Desa Temandang  juga memiliki hal tersebut yang dipercaya oleh sebagian besar masyarakat.

 Asal usul Desa Temandang ( Legenda)

Pada zaman kewalan, berdiri Masjid Demak masing – masing wali mendapatkan tugas sendiri-sendiri.Diantara sembilan wali yang mendapatkan Tugas  membuat tiang atau soko guru masjid Demak yaitu salah satunya sunan kali jogo. pada waktu itu sunan menemukan  pohon Jati disebelah selatan desa koro. akhirnya pohon itulah yang terpilih oleh sunan untuk dijadikan tiang atau soko guru masjid Demak . pada waktu pohon tersebut dipotong dan pohon tersebut itu roboh menimbulkan suara yang sangat  dahsyat.

Dengan adanya suara tersebut sekelompok masyarakat yang berada di sebelah utara desa koro pergi berbondo-bondong kepusat suara tersebut. Diperjalanan kelompok masyarakat tersebut bertemu dengan rombongan Wali  dan salah satu wali tersebut bertanya kepada sekelompok  masyarakat tersebut” kalian berasal dari mana?” , Tanya sang Wali.” Kami berasal sebelah sana ,jawab se kelompk masyarakat  tersebut .”kalian akan kemana dan mau apa?”  Tanya sang wali ..” kami ingin Tumandang gawe (memberikan bantuan)” jawab sekelompok masyarakat tersebut .

Mendengar kata kata dari sekelompok mayarakat tersebut wali berkata pada masyarakt tersebut “kalau begitu kami akan memberikan nama Temandang  pada tempat kalian berasal.

TUMANDANG atau TEMANDANG  maksudnya tumandang gawe  maka tersebutlah sampai sekarang nama tersebut dipakai nama desa Temandang yang Berada di wilayah kecamatan MERAKURAK kabupaten TUBAN.

Dengan sesanti

 

T          : Tumandang anggen nira sami makarya mrih

E          : Endahing swasana padusunan

M         : Manunggal gumolong gilik sedyanira

A         : Anteping tekat kang wus nyawiji

N         : Netepi wajib labuh marang nuso lan bongso

D         : Darbe nggayuh marang kautaman

A         : Amrih rahayuning kawulo dusun

N         : Ngalap cekap sandang pangan ayem tentrem

G         : Gemah ripah kerta raharjo kanti dasar pancasila.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Pasar Desa Temandang

Wilayah Desa

Agenda

Info Media Sosial