PELAYANAN ADMINDUK KELILING

 

Tuban, HarianForum.com- Pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan keliling yang dilaksanakan dikecamatan Merakurak yang dipusatkan dibalai desa Temandang meninggalkan  kecewa bagi sebagian masyarakat yang berniat mengurus indentitas diri mereka.

Sejak nomer antrian dibuka pukul 08:00 Wib,ratusan masyarakat berbondong-bondong memadati area balai desa setempat dan meluber, kesadaran mereka untuk tertib administrasi begitu tinggi, tapi sayangnya sebagian mereka merasa kecewa dengan layanan keliling tersebut.

“Saya antri dari jam 10 pagi tadi, tapi ternyata nomer antrian telah habis, padahal berkas saya lengkap sudah seminggu yang lalu, jelas kecewa mas,” sergah Suparno.

Hal yang sama diungkapkan seorang ibu yang tidak bersedia disebut namanya,”Antri mulai jam 8, masakpun tidak, tapi disini gak kebagian nomer,” ujarnya dengan ekspresi sedih.

Menanggapi situasi yang berkembang,seorang petugas Dinas Dukcapil,Bahri memberikan penjelasan, “Ya seperti ini,namanya saja pelayanan keliling,tidak semua bisa tercover,bisa dilihat,tadi sudah tercatat untuk pengajuan Kartu keluarga  160 KK, KTP 180, dan KIA 140 an, kalau satu item saja perlu waktu lima menit, sudah bisa dihitung waktunya,” ucap Bahri.

Meskipun demikian Bahri berkomitmen untuk menyelesaikan berkas yang telah masuk pada layanan keliling ini, “Kita akan tuntaskan semua berkas yang tercatat, tempo hari dikecamatan lain sampai pukul,23:30 malam,semoga saja tim kami bekerja optimal,” tutup Bahri.

Dikonfirmasi terkait hal itu, Kepala seksi pemerintahan Kecamatan Merakurak, Warsidan, Mengatakan, “Ini memang terpusat di Temandang,tapi seluruh desa kami beri undangan,kalau tidak tuntas hari semua,bisa diurus dikecamatan,dan pasti akan kami layani dengan senang hati,” ucap  Warsidan.

Kepala Desa Temandang, Tinik. SE, yang paling banyak mendapat komplain dari warganya segera memberikan respon cepat, “Pengajuan memang banyak, untuk berkas Kartu keluarga saja seribu lebih, belum lainya, untuk yang belum terlayani hari ini, silahkan kumpulkan di kami, ada petugas khusus dari desa yang akan menguruskan ke dinas,kita bisa memaklumi keterbatasan petugas layanan keliling ini, jadi langkah ini yang harus dilakukan,” pungkas Kades wanita dua priode tersebut.(tbn 01)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)